Praktik 2 Game Pimpong : Membuat Background

17.33 Diposting oleh Gunawan

Kelanjutan dari praktik sebelumnya tentang Praktek 1 Game Pimpong : Membangun Class MIDlet dan GameCaanvas, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah background dari layar dengan warna hitam. Jika dari hasil praktik sebelumnya kita jalankan, maka hanya menghasilkan latarbelakang / background dengan warna putih tanpa coretan dan atau tulisan.

Untuk membuat background dari canvas, kita membutuhkan class Graphics dari MIDlet. Oleh karenanya kita harus meng-import class Graphics yang ada pada javax.microedition.lcdui.Graphics dengan perintah

import javax.microedition.lcdui.Graphics;

Setelah kita mengimplementasikan class Graphics, langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah membuat methode untuk membuat warna latar dengan warna hitam. Methode ini kita beri nama createBackground.

private void createBackground(Graphics g){

g.setColor(0, 0, 0);

g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());

}

Methode ini akan membuat warna hitam pada layer, jika menginginkan warna lain tinggal kita ganti nilai 0 menjadi nilai 1 – 255 dimana 0 yang pertama untuk Merah, 0 yang ke dua untuk kuning dan 0 yang ke tiga untuk biru.

private void updateScreen(Graphics g){

createBackground(g);

flushGraphics();

}

Methode di atas juga methode baru yang di tambahkan kedalam class PongCanvas. Methode ini digunakan untuk mengganti warna layer saat MIDlet di jalankan.

Berikut hasil dari penambahan script pada file PongCanvas.java:

/* -------------------------------------

* Nama File : PongCanvas.java

* by Gunawan

* jagungodak@yahoo.com

*--------------------------------------

*/

import java.io.IOException;

import javax.microedition.lcdui.Graphics;

import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas;

public class PongCanvas extends GameCanvas implements Runnable {

private int sleepTime=30;

public PongCanvas() {

super(false);

}

public void run(){

while(true){

updateScreen(getGraphics());

try{

Thread.sleep(sleepTime);

}catch(Exception ex){

}

}

}

public void start(){

Thread runner=new Thread(this);

runner.start();

}

private void createBackground(Graphics g){

g.setColor(0x000000);

g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());

}

private void updateScreen(Graphics g){

createBackground(g);

flushGraphics();

}

}

Perhatikan baris yang berwarna merah, baris tersebut merupakan baris penambahan dari file PongCanvas.java sebelumnya. Lakukan compilasi dengan mengklik tombol Build.

Hasil pembuatan background seperti berikut :



OK..Peratik berikutnya kita akan mencoba menambahkan Image ke dalam kanvas silahkan menuju Praktek 3 :Menambahkan Bolla Menggunakan Sprite

0 komentar:

Posting Komentar