Praktik 2 Game Pimpong : Membuat Background

17.33 Diposting oleh Gunawan

Kelanjutan dari praktik sebelumnya tentang Praktek 1 Game Pimpong : Membangun Class MIDlet dan GameCaanvas, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah background dari layar dengan warna hitam. Jika dari hasil praktik sebelumnya kita jalankan, maka hanya menghasilkan latarbelakang / background dengan warna putih tanpa coretan dan atau tulisan.

Untuk membuat background dari canvas, kita membutuhkan class Graphics dari MIDlet. Oleh karenanya kita harus meng-import class Graphics yang ada pada javax.microedition.lcdui.Graphics dengan perintah

import javax.microedition.lcdui.Graphics;

Setelah kita mengimplementasikan class Graphics, langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah membuat methode untuk membuat warna latar dengan warna hitam. Methode ini kita beri nama createBackground.

private void createBackground(Graphics g){

g.setColor(0, 0, 0);

g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());

}

Methode ini akan membuat warna hitam pada layer, jika menginginkan warna lain tinggal kita ganti nilai 0 menjadi nilai 1 – 255 dimana 0 yang pertama untuk Merah, 0 yang ke dua untuk kuning dan 0 yang ke tiga untuk biru.

private void updateScreen(Graphics g){

createBackground(g);

flushGraphics();

}

Methode di atas juga methode baru yang di tambahkan kedalam class PongCanvas. Methode ini digunakan untuk mengganti warna layer saat MIDlet di jalankan.

Berikut hasil dari penambahan script pada file PongCanvas.java:

/* -------------------------------------

* Nama File : PongCanvas.java

* by Gunawan

* jagungodak@yahoo.com

*--------------------------------------

*/

import java.io.IOException;

import javax.microedition.lcdui.Graphics;

import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas;

public class PongCanvas extends GameCanvas implements Runnable {

private int sleepTime=30;

public PongCanvas() {

super(false);

}

public void run(){

while(true){

updateScreen(getGraphics());

try{

Thread.sleep(sleepTime);

}catch(Exception ex){

}

}

}

public void start(){

Thread runner=new Thread(this);

runner.start();

}

private void createBackground(Graphics g){

g.setColor(0x000000);

g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());

}

private void updateScreen(Graphics g){

createBackground(g);

flushGraphics();

}

}

Perhatikan baris yang berwarna merah, baris tersebut merupakan baris penambahan dari file PongCanvas.java sebelumnya. Lakukan compilasi dengan mengklik tombol Build.

Hasil pembuatan background seperti berikut :



OK..Peratik berikutnya kita akan mencoba menambahkan Image ke dalam kanvas silahkan menuju Praktek 3 :Menambahkan Bolla Menggunakan Sprite

Praktikum 1 Game Pimpong : Membangun Class MIDlet dan GameCanvas

17.27 Diposting oleh Gunawan

Pada praktek kali ini kita akan mencoba membuat sebuah game sederhana menggunakan MIDlet Java 2 Micro Edition atau sering di sebut dengan J2ME. Untuk bisa membuat aplikasi game menggunakan MIDlet tentunya kita harus memahami apa itu MIDP, CLDC, MIDlet, WTK,JSR, dll. Untuk kali ini saya tidak akan membahas tentang beberapa hal tersebut, jika penasaran bisa anda minta bantuan pada paman google alias searching / mencarinya lewat google atau langsung aja ke situs resmi dari java yaitu sun.com.

Game yang akan kita buat kali ini adalah game PimPong dimana game ini sangatlah sederhana. Berikut hasil dari game yang akan kita buat pada praktek kali ini :

Ok…langsung saja kita akan mencoba membuat game tersebut menggunakan GUI Notepad++.

Kebutuhan Software :

- Java SDK 6

- WTK 2.5 (Java Wireless Tool Kit)

- Notepad++ atau Gui yang lain.

LANGKAH 1 :

Buatlah project baru dengan nama “Game Pimpong” dengan cara : Buka WTK (wireless Toolkit ), Klik Start --- All Programs ---Java (TM) Wireless Tool Kit 2.5 --- Wireless Tool Kit 2.5. Pada Kotak dialog yang tampil Klik New Project atau Klik File --- New Project .

Pada Project Name masukan nama project yaitu Game Pimpong

Pada MIDlet Class Name masukan nama class yaitu PimPong (Nama Class harus sesui dengan nama class midlet di script)

Setelah itu klik Create Project dan untuk mengakhiri klik OK.

Sekarang buka Notepad atau Notepad++ disarankan menggunakan Notepad++ untuk memudahkan kita mendeteksi letak kesalahan.

OK…Sebuah aplikasi MIDlet tentu membutuhkan File Utama / Main Class dimana pada file utama ini merupakan turunan dari class midlet. Jadi Kita membutuhkan script berikut :

/* -------------------------------------

* Nama File : PimPong.java

* by Gunawan

* jagungodak@yahoo.com

*/

import javax.microedition.midlet.*;

public class PimPong extends MIDlet {

public void startApp() {

}

public void pauseApp() {

}

public void destroyApp(boolean unconditional) {

}

}

Simpan script di atas dengan nama PimPong.java di drive

C:/WTK25/APPS/Game Pimpong/src

Setelah itu kembali ke WTK, klik Clear Console kemudian klik Build utntuk medeteksi kesalahan, jika build Complite berarti tidak ada kesalahan, proses berikutnya dapat di lanjutkan.

LANGKAH 2 :

Langkah berikutnya yang kita lakukan adalah membuat Canvas dari Game. Sama halnya dengan kita melukis dengan adanya Canvas kita bisa menggambar benda apapun sesuai dengan keinginan kita.

Buka kembali Notepad++ lalu buat document baru dengan cara Klik File --- NEW

Berikut script dari GameCanvas :

/* -------------------------------------

* Nama File : PongCanvas.java

* by Gunawan

* jagungodak@yahoo.com

*--------------------------------------

*/

import java.io.IOException;

import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas;

public class PongCanvas extends GameCanvas implements Runnable {

private int sleepTime=30;

public PongCanvas() {

super(false);

}

public void run(){

while(true){

try{

Thread.sleep(sleepTime);

}catch(Exception ex){

}

}

}

public void start(){

try{

}catch(IOException ioex){

System.out.println("Kesalahan Pada "+ioex);

}

Thread runner=new Thread(this);

runner.start();

}

}

Simpan file tersebut dengan nama PongCanvas.java di folder yang sama dengan file PimPong.java. untuk mengetes ada tidaknya kesalahan klik Clear Consul lalu klik Build.

LANGKAH 3 :

Pada praktik kali ini kita sudah membuat 2 buah file yaitu PimPong.java dan PongCanvas.java. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan kedua file tersebut sehingga menjadi satu kesatuan yang terkait.

Pertama : aktifkan kembali file PimPong.java, tambahkan beberapa script sehingga menjadi script berikut :

/* -------------------------------------

* Nama File : PimPong.java

* by Gunawan

* jagungodak@yahoo.com

*/

import javax.microedition.midlet.*;

import javax.microedition.lcdui.*; //Penambahan

public class PimPong extends MIDlet {

private static PongCanvas pongCanvas;

public PimPong(){

pongCanvas=new PongCanvas();

}

public void startApp() {

Display display=Display.getDisplay(this);

pongCanvas.start();

display.setCurrent(pongCanvas);

}

public void pauseApp() {

}

public void destroyApp(boolean unconditional) {

}

}

Klik Save untuk menyimpan. Perhatikan baris / script yang berwarna merah .Script yang berwarna merah merupakan script tambahan untuk menggabungkan Class PongCanvas.java ke dalam file PimPong.java. Serta pendifinisian Display yang akan di gunakan.

Langkah berikutnya adalah membuat latarbelakang / background dari canvas. Pembuatan background dari canvas akan di jelaskan pada Praktik 2 Game Pimpong : Membuat Background